@phdthesis{UNY23225, year = {2015}, title = {TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK USIA 16-19 TAHUN DI SLB NEGERI 1 BANTUL}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, author = {Heige Ma?shum Hidaya}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23225/}, keywords = {Tes TKJI, Kebugaran jasmani anak tunagrahita mampu didik}, abstract = {Kebugaran jasmani setiap anak berbeda, dan perlu diketahui, dikembangkan, dan dirawat. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita mampu didik usia 16-19 tahun di SLB Negeri 1 Bantul Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengambilan data dengan tes. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia dengan penilaian dari norma khusus untuk anak tunagrahita usia 16-19 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita usia 16-19 tahun di SLB Negeri 1 Bantul sebanyak 23 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, 3 siswa yang digunakan dalam penelitian ini gugur karena tidak dapat mengikuti salah satu butir tes, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa, diantaranya terdiri atas 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita usia 16-19 tahun SLB Negeri 1 Bantul adalah kurang sekali, 1 anak masuk klasifikasi Baik Sekali, 3 anak masuk klasifikasi Baik, 4 anak masuk klasifikasi Sedang, 2 anak masuk klasifikasi Kurang, 10 anak masuk klasifikasi Kurang Sekali.} }