%0 Thesis %9 S1 %A Ardika Agus Dwi Purnama, Agus Dwi Purnama %B Fakultas Teknik %D 2015 %F UNY:23173 %I UNY %T PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGERJAAN KIKIR SISWA KELAS X DI SMK PIRI SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/23173/ %X ABSTRAK PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGERJAAN KIKIR SISWA KELAS X DI SMK PIRI SLEMAN Oleh: Ardika Agus Dwi Purnama 09503244019 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) dapat mengetahui hasil belajar siswa kelas X mesin sebelum penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas X mesin setelah penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman, dan (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan metode inquiri dalam pembelajaran praktik kerja bangku siswa kelas X SMK Piri Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design) yang dalam pelaksanaannya menggunakan nilai pretest and posttest. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 jurusan teknik mesin SMK PIRI Sleman Yogyakarta. Teknik anĂ¡lisis yang digunakan adalah anĂ¡lisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian didapat hasil belajar siswa kelas X mesin sebelum penerapan metode inquiry dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman yaitu mempunyai rata-rata skor sebesar 30,1. Hasil belajar siswa kelas X mesin setelah penerapan metode inquiry dalam pembelajaran praktik pengerjaan kikir siswa kelas X SMK Piri Sleman yaitu mempunyai rata-rata skor sebesar 56,9. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pengerjaan kikir setelah diberi metode pembelajaran inquiry sebesar 89,10%. Terdapat perbedaan ratarata skor hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pengerjaan kikir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar rata-rata sebesar 16,2. Kata Kunci: Pengaruh, Inquiry, Hasil belajar, Praktik pengerjaan kikir