%0 Thesis
%9 S1
%A Arbii, Arbii Surya Sanjaya
%B Fakultas Teknik
%D 2015
%F UNY:23166
%I UNY
%T PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP  PERILAKU CYBERBULLYING SISWA PROGRAM KEAHLIAN  ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI
%U http://eprints.uny.ac.id/23166/
%X PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP  PERILAKU CYBERBULLYING SISWA PROGRAM KEAHLIAN  ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI  Oleh:  Arbii Surya Sanjaya  NIM. 09501244006  ABSTRAK  Penelitian ini bertujan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas interaksi  antar teman sebaya terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (2)  pengaruh konsep diri terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (3)  pengaruh kualitas interaksi antar teman sebaya dan konsep diri terhadap  kecenderungan terjadinya cyberbullying siswa Program Keahlian Elektronika  Industri SMK N 3 Wonosari.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII Program Keahlian Elektronika  Industri SMK N 3 Wonosari dengan populasi sebanyak 405 siswa dan sampel  sebanyak 301 siswa yang diperoleh melalui sampling acak proporsional. Variabel  bebas dalam penelitian ini yaitu interaksi teman sebaya (X1) dan konsep diri (X2).  Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku cyberbullying (Y). Teknik  pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis  data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan  analisis regresi berganda. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara  individu dilakukan dengan uji-t dan secara simultan menggunakan uji-F.  Hasil penelitian ini adalah (1) interaksi teman sebaya berpengaruh negatif  dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,391  dan kontribusi sebesar 15,3%, (2) konsep diri berpengaruh negatif dan signifikan  terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,321 dan kontribusi  sebesar 10,3%, (3) interaksi teman sebaya dan konsep diri berpengaruh negatif  dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,471  dan kontribusi sebesar 22,2%.  Kata kunci : cyberbullying, interaksi teman sebaya, konsep diri