%0 Thesis %9 S1 %A Arifin, M. Zaenal %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2013 %F UNY:23161 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K keefektifan, media video pementasan drama, kemampuan bermain peran %T KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMENTASAN DRAMA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PURBALINGGA %U http://eprints.uny.ac.id/23161/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video pementasan drama dalam pembelajaran bermain peran pada siswa kelas XI SMAN 1 Purbalingga. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bermain peran antara kelompok siswa yang menggunakan media video pementasan drama dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan media video pementasan drama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berupa Pretest-posttest control group design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini. Variabel pertama merupakan variabel bebas berupa media video pementasan drama. Variabel kedua merupakan variabel terikat berupa kemampuan bermain peran. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Purbalingga sebanyak 288 siswa. Sampel pertama merupakan kelompok kontrol yang diwakili oleh kelas XI IPA 4 dan sampel kedua merupakan kelompok eksperimen yang diwakili oleh kelas XI IPA 5. Tiap sampel berjumlah 32 siswa. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bermain peran. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t menggunakan SPSS 16,0 yang dilakukan pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (1) terdapat perbedaan yang signifikan, menunjukkan thitung sebesar 2,763 dengan db 62 dan p sebesar 0,008. Nilai ttabel menunjukkan 1,990, dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (2,763>1,990) dan p juga lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,008<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media video pementasan drama dalam pembelajaran bermain peran dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media video pementasan drama dalam pembelajaran bermain peran. Selain itu, setelah dilakukan uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen (2) media video pementasan drama efektif, menghasilkan thitung sebesar 11,137 dengan db 62 dan ttabel 1,990. Dengan demikian, thitung lebih besar daripada ttabel (11,137>1,990). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan media video pementasan drama efektif dalam pembelajaran bermain peran di kelas XI SMAN 1 Purbalingga.