%0 Thesis %9 S1 %A Khaniefati, Afiefah Repsa %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2013 %F UNY:23131 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K intelegensi, minat membaca, kemampuan memahami bacaan %T HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI DAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/23131/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) tingkat intelegensi dengan kemampuan memahami bacaan, 2) minat membaca dengan kemampuan memahami bacaan, 3) tingkat intelegensi dan minat membaca secara bersama-sama dengan kemampuan memahami bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman Yogyakarta dengan jumlah 785 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi untuk tingkat intelegensi, angket untuk minat membaca, dan tes pilihan ganda untuk kemampuan memahami bacaan. Validitas yang dilakukan adalah validitas konstruk dan validitas isi oleh expert judgment. Validitas konstruk untuk angket minat membaca dan validitas isi untuk tes pilihan ganda kemampuan memahami bacaan. Diperoleh hasil 35 pernyataan yang layak digunakan untuk penelitian angket minat membaca dan 40 butir soal untuk tes kemampuan memahami bacaan. Reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Croanbach yang menunjukkan hasil 0,883 untuk minat membaca dan 0,910 untuk kemampuan memahami bacaan, sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Tes buatan guru dikatakan terpercaya jika paling tidak mempunyai koefisien sebesar 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji normalitas untuk mengetahui sebaran data penelitian berdistribusi normal, uji linearitas untuk mengetahui antara variabel bebas dan variabel terikat berbentuk linier, dan product moment untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi dengan kemampuan memahami bacaan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman Yogyakarta dengan sumbangan efektif sebesar 5,49%, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan memahami bacaan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman Yogyakarta dengan sumbangan efektif sebesar 2,85%, dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi dan minat membaca secara bersama-sama dengan kemampuan memahami bacaan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman Yogyakarta dengan sumbangan efektif sebesar 8,3%.