%0 Thesis %9 S1 %A Fuqoha, Ahmad Akrom Nur %A Bambang SHM, %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2015 %F UNY:23089 %I UNY %K pengembangan, game edukasi, guided inquiry %T PENGEMBANGAN GAME RPG (ROLE PLAY GAME) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS VII %U http://eprints.uny.ac.id/23089/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis guided inquiry pada materi segiempat dan segitiga untuk siswa kelas VII SMP, dan untuk mengevaluasi kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam hal kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan produk mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa kelas VII B di SMP Negeri 4 Purbalingga. Penilaian instrumen yang digunakan, berupa lembar penilaian kevalidan game, angket respon siswa dan guru terhadap kepraktisan media pembelajaran, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam hal kevalidan baik, berdasarkan data yang dikumpulkan bahwa game edukasi memperoleh skor rata-rata 4.17 dari maksimal skor 5.00. Dalam hal kepraktisan, dikategorikan sangat baik berdasarkan respon siswa dan guru terhadap angket memperoleh ratarata 4.63 dari skor maksimal 5.00. Dalam hal kefektifan, dikategorikan sangat baik berdasarkan tes hasil belajar siswa, yang mana persentase ketuntasan sebesar 86.7%. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 94%. Data ini menunjukkan bahwa game RPG (Role Play Game) sebagai media pembelajaran matematika berbasis guided inquiry pada materi segiempat dan segitiga dapat digunakan untuk siswa SMP kelas VII B SMP N 4 Purbalingga atau siswa lain dengan karakteristik yang serupa.