TY - THES KW - multimedia pembelajaran keterampilan KW - SMP AV - public TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KELAS VII DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY23082 UR - http://eprints.uny.ac.id/23082/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran keterampilan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta, (2) menghasilkan multimedia pembelajaran keterampilan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, dengan prosedur pengembangan adaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (Sugiyono, 2011 : 9), dengan enam tahap yaitu: (1) Analisis kebutuhan, (2) Perencanaan pengembangan pembelajaran, (3) Pengembangan produk, (4) Produk awal, (5) Evaluasi, dan (6) Produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli materi keterampilan dan satu orang ahli media pembelajaran. Total subjek uji coba multimedia pembelajaran keterampilan melibatkan 54 peserta didik SMP kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta, terdiri dari uji coba perorangan sebanyak 5 peserta didik, uji coba kelompok kecil sebanyak 15 peserta didik, dan uji coba kelompok besar sebanyak 34 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah: wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dihimpun memalui angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mengetahui kualitas multimedia pembelajaran keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor validasi I oleh dua ahli materi pada aspek pembelajaran &materi/isi= 90.1%, kategori sangat layak.Hasil validasi II oleh ahli media menunjukkan persentase rata-rata dari ketiga tahap validasi pada aspek tampilan & pemrograman =87.2%, kategori sangat layak.Pada uji coba perorangan persentase rata-rata penilaian seluruh aspek = 79.9%, kategori sangat layak. Ujicoba kelompok kecil persentase rata-rata penilaian seluruh aspek = 85.6%, kategori sangat layak.Uji coba kelompok besar persentase rata-rata penilaian seluruh aspek = 84.1%, kategori sangat layak.Dari analisis data yang diperoleh diatas, menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran keterampilan kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta masuk dalam kriteria sangat layak, dikembangkan secara sistematis, berkualitas, serta layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran bagi peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Y1 - 2013/10/31/ A1 - Rizal, Ziljian Abu PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -