<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL"^^ . "ABSTRAK \r\n\r\nLangkah-langkah kaki saat awalan, tumpuan, melayang, dan mendarat \r\nkurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan\r\nhasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain melompati ban sepeda\r\nbekas dan kardus pada siswa kelas V Sekolah Dasar Siyono 1 Playen\r\nGunungkidul. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam\r\npenelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Siyono 1 Playen Gunungkidul\r\ndengan jumlah total 31 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja\r\nlompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\ndeskriptif kualitatif dan kuantitatif. \r\nBerdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan\r\nhasil lompat jauh melalui bermain lompat tali pada siswa kelas V Sekolah Dasar\r\nSiyono 1 Playen Gunungkidul ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa.\r\nNilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 69,56 dengan persentase\r\nketuntasan sebesar 32,36%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai ratarata\r\n\r\nsiswa pada siklus I yaitu sebesar 73,39 dan persentase ketuntasan sebesar\r\n64,52%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang\r\nditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata\r\nlompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 77,22 dengan\r\npersentase ketuntasan sebesar 90,32%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target\r\nyang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan\r\npada siklus II. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan\r\nbermain melompati ban sepeda bekas dan kardus berlangsung dinamis dan\r\nmenyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan\r\nteknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian\r\ndikuasai peserta didik. Kemampuan lompat jauh peserta didik meningkat dengan\r\nditandai dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)\r\nyaitu 71."^^ . "2015" . . . "Fakultas Ilmu Keolahragaan"^^ . . . "PGSD Penjas, Fakultas Ilmu Keolahragaan"^^ . . . . . . . . . ""^^ . "Sunarto"^^ . " Sunarto"^^ . . "Yudik Prasetyo,"^^ . . . . . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Text)"^^ . . . "Pak Sunarto.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN\r\nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \r\nPLAYEN GUNUNGKIDUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22990 \n\nPENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN \nMETODE BERMAIN KELAS V SEKOLAH DASAR SIYONO 1 \nPLAYEN GUNUNGKIDUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi" . .