%0 Thesis %9 S1 %A Anella Megaselfa Handika, Beauty %B Fak. Teknik %D 2015 %F UNY:22930 %I UNY %T PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK N 1 NGAWEN %U http://eprints.uny.ac.id/22930/ %X PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ SMK N 1 NGAWEN Oleh : Anella Megaselfa Handika Beauty NIM 10520244062 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui apakah metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Quasi Experiment model One Group Pretest-Posttest. Subyek dari penelitian adalah siswa-siswa kelas XI TI B SMK N 1 Ngawen Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari sembilan siswa putra dan 26 siswa putri. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu : (1) Tes, (2) Lembar Observasi, dan (3) Catatan Lapangan. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji t dengan mempertimbangkan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar pada pembelajaran teori dengan nilai rerata kelas sebesar 39,15 dari nilai rerata kelas saat pretest sebesar 43,42 menjadi 82,57 pada saat postest dengan nilai thitung sebesar 50.370. Hal serupa juga terjadi pada saat perlakuan di pembelajaran praktik, terjadi peningkatan sebesar 16,57 nilai rerata kelas dari nilai rerata kelas pada saat pretest sebesar 58,57 menjadi 75,14 pada saat postest dengan nilai thitung sebesar 13.205. Berdasarkan perbandingan nilai thitung dengan ttabel dapat dikatan bahwa metode TAI berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : TAI, hasil belajar, TKJ, SMK N 1 Ngawen