TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/22896/ ID - UNY22896 M1 - skripsi KW - peran siswa KW - sekolah dasar KW - lingkungan sekolah sehat AV - public TI - PERAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO DALAM KEGIATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEHAT A1 - Yoga Mahendra PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan N2 - Lingkungan sekolah sehat sangat penting untuk diwujudkan, akan tetapi di SDN Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo masih ditemukan sampah yang dibuang di sembarang tempat, masih ada coretan-coretan di meja, kursi, dan dinding ruangan kelas, keadaan kamar mandi/WC yang belum dijaga kebersihannya, serta masih ada beberapa siswa yang belum menjaga perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peran siswa kelas IV dan V SDN Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo dalam kegiatan lingkungan sekolah sehat yang mencakup peran dalam lingkungan fisik sekolah dan peran dalam lingkungan mental dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Instrumen penelitian menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Jlaban. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dan V SDN Jlaban yang berjumlah 47 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Uji validitas menggunakan rumus product moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows dengan rumus Alpha Croncbach, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,954. Hasil penelitian peran siswa kelas IV dan V SDN Jlaban dalam kegiatan lingkungan sekolah sehat menunjukkan bahwa 6,4% (3 siswa) berada pada kategori ?berperan sangat baik?, 21,3% (10 siswa) pada kategori ?berperan baik?, 38,3% (18 siswa) pada kategori ?cukup berperan?, 29,8% (14 siswa) pada kategori ?kurang berperan?, dan 4,2% (2 siswa) pada kategori ?sangat kurang berperan?. Peran siswa di dalam lingkungan fisik sekolah lebih besar dibandingkan peran siswa di dalam lingkungan mental dan sosial, dengan perbandingan persentase 60% : 40%. Y1 - 2015/// ER -