%0 Thesis %9 S1 %A Angga, Nur Darmawan.0 %B Fakultas Teknik %D 2015 %F UNY:22892 %I UNY %T HUBUNGAN KONSEP DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENERAPAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 3 WONOSARI %U http://eprints.uny.ac.id/22892/ %X HUBUNGAN KONSEP DIRI, FASILITAS BELAJAR DAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENERAPAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 3 WONOSARI Oleh: Angga Nur Darmawan NIM. 09518241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) hubungan antara konsep diri terhadap prestasi belajar, (2) hubungan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, (3) hubungan antara mutu proses pembelajaran terhadap prestasi belajar, dan (4) hubungan antara konsep diri, fasilitas belajar dan mutu proses pembelajaran secara simultan terhadap prestasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Mekatronika SMKN 3 Wonosari sebanyak 31 siswa. Semua populasi dijadikan sampel (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan tes prestasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik Pearson Product Moment dan Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) konsep diri sebagian besar siswa (80,65%) termasuk dalam kategori sedang, (2) fasilitas belajar sekolah menurut sebagian siswa (58,06%) termasuk dalam kategori sedang, (3) mutu proses pembelajaran di kelas menurut sebagian besar siswa (90,32%) termasuk dalam kategori sedang, (4) prestasi belajar sebagian siswa (58,06%) termasuk dalam kategori sedang, (5) terdapat hubungan signifikan konsep diri dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,69, (6) terdapat hubungan signifikan fasilitas belajar dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,59, (7) terdapat hubungan signifikan mutu proses pembelajaran dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,73, dan (8) terdapat hubungan signifikan konsep diri, fasilitas belajar dan mutu proses pembelajaran secara simultan dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,80. Kata-kata kunci: konsep diri, fasilitas belajar, mutu proses pembelajaran dan prestasi belajar