%D 2015 %I UNY %T Analisis Materi Bahasa Indonesia dalam Buku Teks Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013 %A Arif Wiyat Purnanto %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan isi buku teks Tema 1 Kelas I Kurikulum 2013; (2) kelayakan penyajian buku teks Tema 1 Kelas I Kurikulum 2013; dan (3) kelayakan bahasa buku teks Tema 1 Kelas I Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis analisis konten. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Tema 1 Kelas I terbitan Non-Kemdikbud. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis konten dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif Krippendof yang meliputi pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan, reduksi, penarikan kesimpulan dan mendeskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Non-Kemdikbud 1 memenuhi aspek-aspek yang ditentukan dengan kategori baik yaitu rata-rata mencapai 82,14% dengan rincian kelayakan materi sebesar 78%, kelayakan penyajian sebesar 89,10% dan kelayakan penggunaan bahasa sebesar 82,69%. Kekurangan buku teks Non-Kemdikbud 1 terletak pada subaspek penyajian contoh yang kurang relevan, penggunaan ilustrasi yang kurang tepat dan kurang lengkap, teks yang digunakaan tidak mengacu pada pustaka, penggunaan pustaka yang kurang mutakhir, keruntutan materi yang kurang tepat, penggunaan kata yang tidak sesuai dengan perkembangan anak, dan penggunaan ikon/simbol yang kurang konsisten konsisten. Buku teks Non-Kemdikbud 2 memenuhi aspek-aspek yang ditentukan dengan kategori cukup yaitu rata-rata sebesar 73,96% dengan rincian kelayakan materi sebesar 75,73%, kelayakan penyajian sebesar 66,67% dan kelayakan penggunaan bahasa sebesar 78,36%. Kekurangan buku teks Non-Kemdikbud 2 terletak pada subaspek penggunaan ilustrasi yang kurang tepat dan kurang lengkap, teks yang digunakaan tidak mengacu pada pustaka, penggunaan pustaka yang hanya sedikit, tidak terdapat umpan balik, glosarium dan rangkuman, penggunaan kata yang tidak sesuai dengan perkembangan anak, serta kesesuaian materi dengan perkembangan intelektual peserta didik. %K buku teks, materi, bahasa Indonesia, kurikulum 2013 %L UNY22888