%0 Thesis %9 S1 %A Suraji %A Ermawan Susanto, %B PGSD Penjas %D 2015 %F UNY:22887 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Permainan Tradisional, Minat, Keaktifan, Hasil Belajar, Lompat Tinggi, Siswa SD %T MENINGKATKAN MINAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI GODEAN 1 KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/22887/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya dampak penerapan model permainan tradisional dalam meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III dalam mengikuti pemmbelajaran lompat tinggi di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain Penelitian Tindakan Kelas berupa putaran spiral dengan siklus I dan siklus II. Populasi penelitian adalah siswa kelas III di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian minat, keaktifan, hasil belajar, dan catatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model permainan tradisional dapat meningkatkan: (1) minat siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori sedang sebesar 53,6% sedangkan siklus II sebesar 75% kategori tinggi (2) keaktifan siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori baik sebesar 57,1% sedangkan siklus II sebesar 92,9% kategori baik (3) hasil belajar siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori cukup sebesar 46,4% sedangkan siklus II sebesar 75% kategori baik. (4) Implementasi penerapan permainan tadisional efektif untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa pembelajaran lompat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model permainan tradisional berpengaruh terhadap peningkatan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran lompat tinggi di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman.