<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER"^^ . "Penelitian ini berjudul Ajaran Moral dalam Serat Centhini melalui Tokoh Seh\r\nAmongraga Sumbangannya bagi Pendidikan Karakter. Seh Amongraga merupakan tokoh\r\nutama dalam Serat Centhini, yang digambarkan sebagai manusia unggul, aulia, atau wali.\r\nSebagai seorang wali, ajaran-ajaran Seh Amongraga mengandung nilai moral yang tinggi,\r\nsehingga perlu diketahui oleh masyarakat luas. Penelitian ini terkait dengan kajian nilainilai\r\n\r\nmoral dan sumbangannya bagi pendidikan karakter, karena itu objek formal yang\r\ndigunakan adalah filsafat moral. Tujuan penelitian adalah, (1) menggali dan merumuskan\r\nlandasan filosofi Serat Centhini, (2) melakukan analisis kritis atas ajaran moral dalam\r\nSerat Centhini melalui tokoh Seh Amongraga, dan (3) menemukan sumbangan ajaran\r\nmoral dalam Serat Centhini melalui tokoh Seh Amongraga bagi pendidikan karakter.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber primer adalah naskah Serat\r\nCenthini, sedangkan sumber sekunder adalah pustaka dan hasil penelitian yang membahas\r\nSerat Centhini. Jalan penelitian mengikuti langkah-langkah pengumpulan data, reduksi\r\ndata, klasifikasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan\r\ndua metode pokok, yaitu metode hermeneutika dan heuristika.\r\nHasil penelitian ini adalah pertama, filsafat Jawa menekankan pentingnya\r\nkesempurnaan hidup (ngudi kasampurnan)serta asal dan arahnya yang ada (sangkan\r\nparaning dumadi). Kesempurnaan hidup menuntun pemikiran manusia dalam merenungi\r\ndirinya untuk menemukan integritas diri dalam hubungan dengan Tuhan. Asal dan\r\narahnya yang ada menuntun hidup manusia yang bergerak menuju dan bersatu dalam\r\nkesempurnaan. Filosofi Serat Centhini terbentuk dari filosofi Jawa, karena itu Serat\r\nCenthini berisi ajaran-ajaran kesempurnaan hidup dan asal dan arahnya yang ada, yang\r\ntercermin dalam dasar-dasar ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Kedua, nilai moral\r\nSeh Amongraga dalam Serat Centhini, yang terdiri atas hak dan kewajiban, keadilan,\r\ntanggung jawab, hati nurani, kejujuran, keberanian moral, kerendahan hati, dan kesetiaan\r\nmerupakan pedoman perilaku manusia yang baik. Nilai moral tersebut dapat dijadikan\r\nacuan norma bagi seseorang atau suatu kelompok orang dalam menentukan baik tidaknya\r\nsikap dan tindakannya. Ketiga, filsafat moral Seh Amongraga dalam Serat Centhini\r\nmemberi sumbangan nyata dalam memperkaya nilai-nilai pembentuk karakter pendidikan\r\nkarakter model UNY dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan."^^ . "2013" . . . . . . . "M.Pd."^^ . "Sutrisna Wibawa"^^ . "M.Pd. Sutrisna Wibawa"^^ . . "LPPM UNY"^^ . . . . . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Text)"^^ . . . "Lap.pdf"^^ . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI\r\nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA\r\nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22863 \n\nAJARAN MORAL DALAM SERAT CENTHINI \nMELALUI TOKOH SEH AMONGRAGA \nSUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER\n\n" . "text/html" . . . "LPPM" . .