%O LAPORAN AKHIR PENELITIAN DISERTASI DOKTOR 2013 %A - Sutopo %X Pada tahap awal, penelitian ini adalah bagian dari penelitian disertasi yang bertujuan mendeskripsikan secara kuantitatif variabel dampak sertifikasi, kemampuan kerja guru, motivasi kerja guru, komitmen kerja guru, dan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan setelah mengikuti program sertifikasi guru. Secara utuh penelitian disertasi ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mix methods) dengan desain sequential explanatory atau menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Pada tahap awal, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh data yang terukur yang bersifat deskriptif, komparatif dan asosiatif dan menjawab hipotesis dan pertanyaan penelitian. Setelah data-data kuantitatif selesai dianalisis, penelitian dilanjutkan dengan metode penelitian kualitatif dimana data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan, memperdalam, dan memperluas data-data kuantitatif. Pada fase akhir, dilakukan analisis secara bersama-sama dengan memadukan hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif, sehingga diperoleh kesimpulan dan rekomendasi kebijakan secara lebih lengkap. Hasil analisis secara deskriptif sebagian data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dampak sertifikasi guru SMK yang dikembangkan dari aspek kebanggaan, keprofesionalan dan kesejahteraan secara keseluruhan diperoleh informasi sebesar 34% termasuk kategori amat baik, 58% termasuk kategori baik, 6% kategori cukup dan 2% termasuk kategori kurang, (2) kemampuan kerja guru yang dikembangkan dari aspek kompetensi pedagogis, professional, kepribadian dan sosial secara keseluruhan diperoleh informasi sebesar 32% termasuk kategori amat baik, 60% kategori baik, 6% cukup dan 2% termasuk kategori kurang, (3) motivasi kerja guru yang diindikasikan dari aspek kebutuhan berprestasi, eksistensi dan berkuasa, berafiliasi, aktualisasi dan kemandirian, dan harapan pertumbuhan diperoleh informasi sebesar 24% termasuk kategori amat baik, 60% termasuk kategori baik, dan 16% masuk kategori cukup, (4) komitmen kerja guru yang dikembangkan dari aspek komitmen afektif, kontinuitas dan normative diperoleh temuan sebesar 26% termasuk aktegori amat baik, 64% termasuk kategori baik, dan 10% masuk kategori cukup, (5) kinerja guru SMK yang dikembangkan dari aspek pelaksanaan tugas pokok, pelaksanaan tugas di luar tugas pokok dan pengembangan keprofesionalan diperoleh informasi sebesar 20% termasuk kategori amat baik, 64% termasuk aktegori baik, dan 16% termasuk kategori cukup. %K dampak, sertifikasi guru SMK, deskriptif %L UNY22860 %T DAMPAK SERTIFIKASI GURU SMK TERHADAP KINERJA GURU %D 2013 %J Artikel Disertasi Doktor