%L UNY22847 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn menggunakan metode Discovery Learning dengan pembelajaran PKn menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rancah. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yaitu X 2 (35 peserta didik) dan kelompok kontrol yaitu X 5 (35 peserta didik). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji t, dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan metode Discovery Learning dengan pembelajaran PKn yang menggunakan metode konvensional. Prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan metode Discovery Learning lebih tinggi daripada prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn yang menggunakan media konvensional dengan uji t taraf signifikan 5% dengan nilai ݐ௛௜௧௨௡௚ 4,399 dan ݐ௧௔௕௘௟2,000. %A Hendra Hermawan %I FAKULTAS ILMU SOSIAL %D 2013 %T EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING PADA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 RANCAH KABUPATEN CIAMIS