TY - THES AV - public TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL A1 - Norma Oktafia, Esti ID - UNY22841 Y1 - 2014/// UR - http://eprints.uny.ac.id/22841/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap aktivitas belajar PKn siswa, 2) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap prestasi belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta sebanyak 4 kelas dengan jumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (32 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan observasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 1% dan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif index card match terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada aktivitas siswa sebesar 2,103 dan nilai ttabel dengan db 62 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,040 < 0,05); 2) pengaruh penggunaan pembelajaran aktif tipe index card match terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada posttest prestasi belajar siswa sebesar 4,237 dengan db 62 pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,660. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,01 (p= 0,000 < 0,01). Karena thitung > ttabel (4,237 > 2,660) sehingga sangat signifikan. M1 - skripsi ER -