relation: http://eprints.uny.ac.id/22723/
title: PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS  DI SMPN KABUPATEN BANTUL
creator: Yuni, Wibowo
creator: Asri, Widowati
creator: Purwanthy, Widhi H
subject: LPPM
description: Globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia, termasuk  pendidikan. Pendidikan era globalisasi harus mampu mengajak siswa untuk aktif  berpikir ide-ide baru dan terampil. Namun kenyataannya, pembelajaran saat ini dirasa  masih belum bisa memenuhi tuntutan tersebut. Pembelajaran sains masih sekedar  membuktikan penemuan yang sudah ada ataupun belajar apa yang ada di buku, tanpa  mengkaitkannya dengan kehidupan. Dampak yang muncul berupa rendahnya kualitas  pendidikan Indonesia. Untuk itulah maka dipandang sangat perlu untuk mempersiapkan  perangkat pembelajaran authentic inquiry learning untuk mengembangkan creative  thinking dan scientific process skill.  Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan perangkat pembelajaran sains  dengan pendekatan authentic inquiry learning pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)  untuk mengembangkan Creative thinking dan scientific process skill siswa untuk  merevitalisasi sekolah terdampak globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara  sebagai berikut: (1) mengembangkan upaya pemberdayaan dan kemitraan dengan  masyarakat wilayah Bantul dalam pembuatan perangkat pembelajaran authentic inquiry  learning; (2) mendesain strategi pembelajaran dalam implementasi authentic inquiry  learning dalam upaya meningkatkan creative thinking dan scientific process skill; (3)  mengembangkan SSP (Subject Spesific Paedagogy) berbasis authentic inquiry learning;  (4) mengembangkan model evaluasi proses dan produk pembelajaran sains untuk siswa  SMP.  Penelitian dilakukan menggunakan metode research and development (penilitan  pengembangan) yang mengikuti model Borg and Gall. Perangkat pembelajaran yang  dikembangkan meliputi silabus, RPP, handout, LKS, media, dan instrumen penilaian.  Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini melibatkan  masyarakat pengguna dan dipilih dari materi dengan standard kompetensi dan  kompetensi dasar yang dapat mengembangkan creative thinking dan scientific process  skill siswa serta dapat dilaksanakan di luar kelas. Produk perangkat pembelajaran yang  dihasilkan divalidasi melalui review internal, review eksternal, uji coba terbatas, dan uji  coba secara luas dengan menggunakan penelitian eksperimen. Data mengenai kualitas  dan potensi perangkat pembelajaran yang dapat mengembangkan creative thinking dan  scientific process skill dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket dengan  menggunakan lembar observasi, review, dan kuesioner. Sementara itu, data dianalisis  dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional.
date: 2013
type: Experiment/Research
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/22723/1/laporan%20Hibah%20BOPTN.pdf
identifier:   Yuni, Wibowo and Asri, Widowati and Purwanthy, Widhi H  (2013) PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI SMPN KABUPATEN BANTUL.  [Experiment/Research]