@misc{UNY22723,
            year = {2013},
            note = {LAPORAN TAHUNAN
PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013},
           title = {PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS
DI SMPN KABUPATEN BANTUL},
          author = {Wibowo Yuni and Widowati Asri and Widhi H Purwanthy},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/22723/},
        keywords = {authentic inquiry learning, creative thinking, scientific process skills},
        abstract = {Globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia, termasuk
pendidikan. Pendidikan era globalisasi harus mampu mengajak siswa untuk aktif
berpikir ide-ide baru dan terampil. Namun kenyataannya, pembelajaran saat ini dirasa
masih belum bisa memenuhi tuntutan tersebut. Pembelajaran sains masih sekedar
membuktikan penemuan yang sudah ada ataupun belajar apa yang ada di buku, tanpa
mengkaitkannya dengan kehidupan. Dampak yang muncul berupa rendahnya kualitas
pendidikan Indonesia. Untuk itulah maka dipandang sangat perlu untuk mempersiapkan
perangkat pembelajaran authentic inquiry learning untuk mengembangkan creative
thinking dan scientific process skill.
Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan perangkat pembelajaran sains
dengan pendekatan authentic inquiry learning pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)
untuk mengembangkan Creative thinking dan scientific process skill siswa untuk
merevitalisasi sekolah terdampak globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara
sebagai berikut: (1) mengembangkan upaya pemberdayaan dan kemitraan dengan
masyarakat wilayah Bantul dalam pembuatan perangkat pembelajaran authentic inquiry
learning; (2) mendesain strategi pembelajaran dalam implementasi authentic inquiry
learning dalam upaya meningkatkan creative thinking dan scientific process skill; (3)
mengembangkan SSP (Subject Spesific Paedagogy) berbasis authentic inquiry learning;
(4) mengembangkan model evaluasi proses dan produk pembelajaran sains untuk siswa
SMP.
Penelitian dilakukan menggunakan metode research and development (penilitan
pengembangan) yang mengikuti model Borg and Gall. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi silabus, RPP, handout, LKS, media, dan instrumen penilaian.
Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini melibatkan
masyarakat pengguna dan dipilih dari materi dengan standard kompetensi dan
kompetensi dasar yang dapat mengembangkan creative thinking dan scientific process
skill siswa serta dapat dilaksanakan di luar kelas. Produk perangkat pembelajaran yang
dihasilkan divalidasi melalui review internal, review eksternal, uji coba terbatas, dan uji
coba secara luas dengan menggunakan penelitian eksperimen. Data mengenai kualitas
dan potensi perangkat pembelajaran yang dapat mengembangkan creative thinking dan
scientific process skill dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket dengan
menggunakan lembar observasi, review, dan kuesioner. Sementara itu, data dianalisis
dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional.}
}