TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id M1 - skripsi ID - UNY22721 AV - restricted TI - VARIASI PRODUK DAN DISTRIBUSI PEMASARAN INDUSTRI GULA KELAPA DI KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Sari, Indriana Wulan Y1 - 2014/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari sektor industri gula kelapa. 2) Faktor-faktor produksi gula kelapa. 3) Jenis-jenis variasi produk gula kelapa yang dikembangkan oleh pengusaha industri gula kelapa di Kecamatan Kokap, 4) hambatan yang dihadapi dari pengembangan variasi produk gula kelapa. 5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pengembangan variasi produk gula kelapa. 6) Cara pemasaran dan distribusi pemasaran produk variasi gula kelapa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha industri gula kelapa di Kecamatan Kokap yaitu 2058 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling, diperoleh 95 responden yang tersebar di empat desa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dari sektor industri gula kelapa adalah mengembangkan variasi produk gula kelapa (61,05 %). 2) Faktor produksi gula kelapa meliputi modal, tenaga kerja, transportasi, dan sumber energi. 3) Jenisjenis variasi produk yang dikembangkan oleh pengusaha industri gula kelapa Kecamatan Kokap adalah gula kelapa cetak, gula kelapa semut netral basah, gula kelapa semut netral kering, dan gula semut variasi rasa. 4) Hambatan yang dihadapi dari pengembangan variasi produk gula kelapa adalah keberadaan bahan baku yang dipengaruhi oleh musim (91,58 %), kegiatan pemasaran yang dikendalikan oleh satu pihak (5,26 %), dan distribusi produk yang hanya dapat dilakukan jika telah ada permintaan dari pemesan (3,16 %). 5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memproduksi gula kelapa cetak (91,58 %), menjual gula kelapa semut dalam kemasan kecil (5,26 %), dan menampung gula kelapa pada wujud gula kelapa cetak (3,16 %). 6) Cara pemasaran dilakukan dengan pembicaraan orang sekitar lingkungan dan distribusi pemasaran menunjukkan bahwa sebagian besar responden melakukan pemasaran di satu desa yang ditunjukkan oleh kegiatan pemasaran masing-masing desa yang ada, yaitu Desa Kalirejo mencapai 58,33 % merupakan pemasaran yang dilakukan satu desa, Desa Hargorejo meliputi 78,96 %, Desa Hargowilis mencapai 94,11 %, dan Desa Hargotirto mencapai 93,62 % dari total distribusi pemasaran ng ada. Kata kunci : Variasi produk, Distribusi Pemasaran, Industri Gula Kelapa ER -