eprintid: 22691 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/26/91 datestamp: 2015-07-06 03:34:46 lastmod: 2015-07-06 03:34:46 status_changed: 2015-07-06 03:34:46 type: article metadata_visibility: show creators_name: Sujarwo, M.Pd. creators_name: Mulyadi, Mulyadi creators_name: Entoh, Tohani corp_creators: LPPM UNY title: MODEL PENDIDIKAN SADAR LINGKUNGAN MASYARAKAT KORBAN ERUPSI MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: Model Pendidikan Sadar Lingkungan, Pendidika Kecakapan Hidup, Potensi Lokal note: LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013 abstract: Penelitian tahun pertama ini bertujuan menghasilkan panduan pengembangan model pendidikan sadar lingkungan melalui PKH berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah warga masyarakat korban erupsi merapi di hunian tetap Banjarsari Cangkringan Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tahap awal ini dihasilkan :1) Implementasi pengembangan model pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup berbasis potensi lokal dilakukan melalui beberpa tahapan; penelitian pendahuluan, menyusun desain pengembangan, membuat produk (panduan), melakukan validasi dan uji coba produk (validasi panduan, validasi materi, dan uji coba lapangan), dan revisi produk, pada tahun kedua dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan. 2) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat ahli media sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh sebesar 4.06 termasuk kategori sangat baik, 3) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat ahli materi sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh sebesar 4.33 termasuk kategori sangat baik, 4) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat peserta didik. Melalui uji lapangan sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh pada uji lapangan kelompok besar sebesar 4.225 termasuk kategori sangat baik. Dari uji coba lapangan ditemukan perubahan sikap dan perilaku peserta didik, antara lain; adannya kerjasama antar anggota kelompok dan masyarakat lain dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan menanam sayuran, mulai adanya tanaman sayuran dalam pot-pot dan model vertikultur bambu sekitar rumah, mulai adanya, mulai adanya tempat penyemaian bibit tanaman sayuran, mulai adanya pengelolaan sampah untuk membuat kompos, dan merawat tanaman di lingkungan rumah. date: 2013 date_type: published publication: Artikel Hibah Bersaing refereed: TRUE funders: BOPTN citation: Sujarwo, M.Pd. and Mulyadi, Mulyadi and Entoh, Tohani (2013) MODEL PENDIDIKAN SADAR LINGKUNGAN MASYARAKAT KORBAN ERUPSI MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. Artikel Hibah Bersaing. document_url: http://eprints.uny.ac.id/22691/1/Artikel-Modarling-des.2013.pdf