%0 Thesis %9 S1 %A Hari, Prabowo %A Dr. Samsuri, M. Ag, %B PKNH %D 2014 %F UNY:22563 %I Fakultas Ilmu Sosial %T HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN OSIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/22563/ %X Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, 2) hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, 3) hubungan keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelit ian ini merupakan penelit ian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelit ian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se- Kota Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelit ian ini adalah SMP Negeri 3 Yogyakarta, SMP Negeri 4 Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Negeri 12 Yogyakarta sebanyak 94 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilit as. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalit as, uji linieritas dan uji mult ikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat dan mult ivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis multivariat menggunakan regresi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Dengan t ingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelit ian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,458 dengan r tabel sebesar 0,202. Kedua, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,702 dengan r tabel sebesar 0,202. Ketiga ada hubungan yang posit if dan signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan OSIS dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dari nilai F hitung sebesar 52, 890 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi (rx2y2) sebesar 0,538. Hal ini berarti 53,8% variabel prestasi Belajar PKn disumbangkan oleh variabel keaktifan engikuti kegiatan OSIS sebesar 10,4% dan variabel kemandirian belajar sebesar 43,4%. Sedangkan 46,2% dijelaskan o leh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelit ian ini. Kata kunci : keaktifan mengikuti kegiatan OSIS, kemandirian belajar, prestasi belajar.