@misc{UNY22503, note = {LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013}, year = {2013}, author = {Rolina Nelva and Lidyasari Aprilia Tina and Christianti Martha}, title = {PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT ?PLST? UNTUK MENDETEKSI PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI}, url = {http://eprints.uny.ac.id/22503/}, keywords = {model assessment PLST, kemampuan bahasa, anak usia dini}, abstract = {Hasil akhir penelitian ini, yaitu pada akhir tahun ketiga (tahap III) diharapkan dapat ditemukan model assessment ?PLST? serta perangkat panduannya dalam pembelajaran di TK, yang dapat digunakan oleh guru untuk mendeteksi dan memantau perkembangan kemampuan bahasa, mengiden-tifikasi jumlah kosa kata dan kalimat yang dikuasai anak, serta tahapan-tahapan perkembangan bahasa berikutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengadopsi model research, development, and diffussion dari (Hopkins \& Clark, 1976). Penelitian tahap research (tahun I), yaitu: a) penelitian pendahuluan dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan assessment pada TK kelompok A dan B di Kabupaten/Kota DI Yogyakarta. b) Studi hasil-hasil penelitian dimaksudkan untuk mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan para pakar dalam kaitan dengan topik yang diteliti. c) Analisis kurikulum dimaksudkan untuk mengetahui dan memetakan perkembangan kemampuan bahasa anak TK berdasarkan standar kompetensi dan indikator pencapaian. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk menjaring need assessment sebagai dasar dalam merancang prototype model assessment PLST. Pada penelitian tahap II (tahun II), yaitu tahap development, prototipe awal model dikembangkan menjadi model. Kegiatan yang dilakukan pada tahap II (tahun II) ini meliputi uji validasi pakar, uji keterbacaan, revisi, melatih guru TK, ujicoba terbatas, dan ujicoba diperluas sampai ditemukan model yang sesuai antara konsep teoritis dengan data empirik di lapangan. Kemudian, pada tahap III (tahun III) yaitu diffussion merupakan tahap pengembangan model dalam skop yang lebih luas yang terdiri atas kegiatan diseminasi, demonstrasi, dan pelatihan guru TK.} }