<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, penilaian dan hambatan dalam menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada siswa kelas V di SD Juara Gondokusuman Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V, Kepala Sekolah dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik\r\nanalisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran terdiri dari 2 tahapan, yaitu mengenali inteligensi siswa dengan menggunakan TIMI (Test Interest Multiple Intelligences) dan menyusun rencana pembelajaran/ lesson plan yang dituliskan pada buku khusus milik guru berupa coret-coretan. Aspek yang terdapat pada rencana pembelajaran/ lesson plan tersebut setidaknya meliputi\r\ntema, indikator, kegiatan alfa zona, sceene setting, kegiatan pembelajaran, serta alat bahan yang dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan sudah melakukan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi serta melakukan kegiatan-kegiatan berbasis multiple intelligences. Apersepsi dan motivasi tersebut berupa kegiatan alfa zona seperti bernyanyi dan melakukan gerakan refleksi, Warmer dengan\r\nmengulang materi sebelumnya, pre-teach dengan memberikan penejelasan awal jalannya proses pembelajaran, dan scenee setting dengan pemberian konsep awal terhadap materi pembelajaran. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran siswa\r\ndifasilitasi untuk belajar melalui kesembilan jenis kecerdasan, yaitu: linguistikverbal, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal,\r\nintrapersonal, naturalis dan eksistensialis. Meskipun, kesembilan jenis kecerdasan tersebut tidak dilakukan dalam satu waktu. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan 3 ranah yaitu; 1) kognitif dengan tes lisan, tertulis dan penugasan, 2) afektif dengan observasi, target bulanan dan penilaian diri, 3) Psikomotorik dengan tugas proyek dan praktek. Hambatan yang dialami dalam penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences salah satunya adalah TIMI yang digunakan untuk mengenali kecenderungan inteligensi siswa tidak sedetail MIR (Multiple Intelligences Research) yang dibuat oleh Munif Chatib (Konsultan Pendidikan yang membuat MIR).\r\n\r\nKata kunci: Penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences"^^ . "2015-07-03" . . . "PGSD"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD"^^ . . . . . . . . . "Mila Dwi"^^ . "Candra"^^ . "Mila Dwi Candra"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "SKRIPSI-MILA DWI CANDRA-NIM_11108244014.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22500 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Aspek Pendidikan"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .