@phdthesis{UNY22445,
           month = {June},
          author = {Rudi Aris Junaidi},
           title = {UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR
PERMAINAN BOLAVOLI MINI MENGGUNAKAN BOLA 
PLASTIK YANG DI BALUT SPON DI SD NEGERI 
MEJING 1 KECAMATAN GAMPING  
KABUPATEN SLEMAN},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
            year = {2015},
        abstract = {Dalam proses belajar mengejar di SD Negeri Mejing I terdapat beberapa
permasalahan antara laian: (1) hanya beberapa siswa yang mampu melakukan
gerak dasar passing bawah (2) belum tercapainya nilai KKM hasil aktivitas
pembelajaran bolavoli peserta didik kelas V SD Negeri Mejing I (3) sarana dan
prasarana yang tersedia di SD Negeri Mejing I terbatas sehingga anak tidak
tertarik dalam mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran bolavoli.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran bolavoli mini
menggunakan bola plastik berlapis spon pada siswa kelas V SD Negeri Mejing I
tahun ajaran 2014/2015 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research (CAR) dengan empat tahap dalam setiap
siklus.tahapan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SD N Mejing 1 tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 31 siswa. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi pada siklus
pertama memperoleh skor rata ? rata kelas 2,8. Sedangkan pada siklus kedua
diperoleh nilai rata ? rata kelas 3,0 atau sama dengan nilai ketuntasan minimal.
Nilai rata ? rata kelas ini meningkat 0,2. Berdasarkan kriterian penilaian
perindividu pada siklus pertama diperoleh 61,3 \% siswa mendapatkan kriteria
sangat baik dan baik dalam permainan bolavoli dan 38,7 \% siswa mendapatkan
kriteria cukup, sedangkan pada siklus kedua diperoleh 80,64 \%  siswa
mendapatkan kriteria sangat baik dan baik, sedangkan 19,36 \% siswa
mendapatkan kriteria penilaian cukup. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria
ketuntasan siswa terpenuhi karena 75\% siswa mampu mendapatkan penilaian
dengan kriteria minimal baik. Masih adanya siswa yang memiliki kriteria cukup
dikarenakan masih ada siswa yang motivasi belajarnya masih rendah, daya
tangkap anak terhadap materi yang rendah serta kelebihan berat badan sehingga
kurang lincah dalam bergerak.},
        keywords = {peningkatan aktivitas siswa, bolavoli mini, bola plastik},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/22445/}
}