relation: http://eprints.uny.ac.id/22418/
title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN  MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN KERJA LAS  DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN
creator: Akhmad, Muzani
subject: Teknik Mesin
description: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  MEDIA MODUL PADA  Penelitian ini bertujuan u  terhadap motivasi belajar siswa  mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa  mata pelajaran kerja las  Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian  experiment, yang pelaksanaannya menggunakan jenis  desain nonequivalent control group design  Kebumen dengan sampel 2 kelas yaitu  eksperimen, kelas XI TP 2  belajar pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Sedangkan  untuk mengetahui prestasi belajar p  dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (  Proses kegiatan belajar mengajar kelas  yang berjudul Mengelas d  menggunakan strategi pembelajaran  Hasil penelitian  motivasi belajar siswa di  hasil angket motivasi keseluruhan siswa  dengan jawaban “YA” sebanyak 25  prestasi belajar siswa adalah meningkatkan hasil belajar. Terbukti dari hasil  belajar kelas ekperimen pada  tertinggi 69, dan nilai terendah 34  83, modus 83, nilai tertinggi 97  independent sample test  thitung (1,669 < 3,619).  antara hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media modul  kontrol pembelajaran secara  .  Kata Kunci : Media Modul  vii  SISWA DENGAN  MATA PELAJARAN KERJA LAS  DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN  Oleh :  Akhmad Muzani  11503247022  ABSTRAK  untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul  pada mata pelajaran kerja las. Sekaligus u  di SMK Negeri 2 Kebumen.  quasi experiment  design. Penelitian dilakukan di SMK  kelas XI TP 1 sebagai kelompok  I sebagai kelompok kontrol. Untuk mengetahui motivasi  pengumpulan data berupa hasil tes yang  pretest dan  eksperimen dengan menggunakan  dengan Proses SMAW, sedangkan kelas  i ceramah (konvensional).  menunjukan bahwa pengaruh penggunaan modul terhadap  dikategorikan sangat tinggi/sangat positif. Terbukti dari  mean adalah 90,41dan hasil  25. Pengaruh penggunaan modul terhadap  pretest, mean 52, median 52,5, modus  34. Setelah menggunakan modul mean 83,  97, dan nilai terendah 60. Perhitungan uji  dengan taraf kesalahan 5% menunjukan bahwa  Diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan  dengan kelas  konvensional.  Modul, Kerja Las, Motivasi dan Prestasi Belajar  aligus untuk  pada  dengan  Negeri 2  posttest).  modul  kontrol  . observasi  , 46, nilai  median  t  ttabel <  erdapat
date: 2015-07-02
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/22418/1/Akhmad%20Muzani%2011503247022.pdf
identifier:   Akhmad, Muzani  (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN KERJA LAS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN.  S1 thesis, UNY.