%0 Thesis %9 S1 %A Lidiawati, Purbaningtiyas %A Muchson AR, M.Pd, %B PKNH %D 2013 %F UNY:22416 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PENGARUH PERSEPSI SISWA KELAS VIII TENTANG MATA PELAJARAN PKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SWASTA SEKABUPATEN KARANGANYAR %U http://eprints.uny.ac.id/22416/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta se-Kabupaten Karanganyar. (2) Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa kelas VIII tentang mata pelajaran PKn terhadap motivasi belajar di MTs Swasta se-Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Swasta se-Kabupaten Karanganyar terdiri dari 17 MTs yang berjumlah 813 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, sehingga sampel yang dijadikan subjek dalam penelitian ini menjadi 6 MTs Swasta di Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 249 siswa. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa kelas VIII di MTs Sudirman Ngargoyoso Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang diujicobakan pada 30 siswa, di uji validitas dengan teknik product moment dan uji reliabilatas dengan teknik alpha berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS for windows 19,00. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: persepsi siswa kelas VIII tentang mata pelajaran PKn berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta se- Kabupaten Karanganyar, dibuktikan oleh Fhitung lebih besar dari F (139,427 >3,89) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan koefesien determinasi (R2) sebesar 0,361 . Ini berarti 36,1 %perubahan pada motivasi belajar ijelaskan oleh persepsi siswa kelas VIII tentang mata pelajaran PKn, sedangkan 63,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Persepsi Siswa, Motivasi Belajar. tabel