@phdthesis{UNY22396, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, year = {2015}, month = {June}, title = {PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT MELALUI PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA AJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I KEDUNGWRINGIN KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN}, author = {KRISTIYANTO}, url = {http://eprints.uny.ac.id/22396/}, keywords = {penilaian, berbagai media, lompat}, abstract = {Permasalahan pembelajaran lompat siswa SD Negeri I Kedungwringin adalah hasil belajar siswa yang tidak memuaskan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Media yang seharusnya menjadikan motifasi untuk siswa tidak terpenuhi, sehingga membuat siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran lompat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat melalui berbagai media pada siswa kelas IV SD Negeri I Kedungwringin, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwringin Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 11 siswa putra dan 13 siswa putri. Penelitian berlangsung dari bulan September - Oktober, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil belajar siswa pada kondisi awal hanya 11 siswa (46\%) yang tuntas dan sebanyak 13 siswa (54\%) belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan yaitu 75. Sedangkan hasil belajar setelah penelitian hanya ada 3 siswa yang masih belum tuntas dengan presentase 12,5\%, sedangkan 21 siswa sudah tuntas dengan presentase 87,5\%. Rata-rata nilai siswapun mengalami kenaikan pada studi awal rata-rata kelas hanya 68 sedangkan setelah penelitian mencapai 83,59.} }