@article{UNY22386,
         journal = {Artikel Hibah Bersaing},
           title = {PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE
INTELLIGENCES BAGI ANAK USIA DINI DI DAERAH ISTIMEWA
YOGYAKARTA},
          author = {Haryanto Haryanto and Rahmadonna Sisca and Cholimah Nur and Utami Dina},
            year = {2013},
            note = {LAPORAN TAHUNAN
HIBAH BERSAING 2013},
        keywords = {multiple intelligences, anak usia dini, multimedia pembelajaran},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/22386/},
        abstract = {Penelitian ini dimaksudkan untuk pengembangan model pembelajaran multiple intelligences yang tidak hanya sekedar melatih kecerdasan pribadi, tetapi juga kecerdasan social bagi anak usia dini. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana cara mengembangkan multiple intelligences pada pembelajaran untuk anak usia dini; (3) Mengetahui cara mengimplementasikan multiple intelligences pada pembelajaran untuk anak usia
dini, yang pada akhirnya diharapkan dapat menghasilkan media yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan majemuk pada anak usia dini. 
Pendekatan yang digunakan dalam keseluruhan penelitian ini adalah Research and Developmet (R \& D). Subjek penelitian adalah guru, dan siswa play group/taman kanak-kanak yang berada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung focus group discussion (FGD) serta buku catatan lapangan/logbook. Data dianalisis secara kualitatif. 
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) memetakan kecerdasan yang perlu dikembangkan pada anak usia dini; (2) memberikan gambaran pada guru bagaimana menerapkan pembelajaran yang dapat melatih multiple
intelligences pada anak usia dini; (3) memberikan solusi terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melatihkan multiple intelligences di play group/taman kanak-kanak; (4) membuat model pembelajaran untuk melatih
multiple intelligences pada anak usia dini berupa multimedia pembelajaran.}
}