<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI"^^ . "Komik merupakan media pembelajaran alternatif yang interaktif dan membuai\r\npenikmatnya untuk menyelami realitas yang dituangkan dalam cerita bergambar. Media\r\npembelajaran ini dirasa dekat dengan dunia remaja dan mendorong remaja untuk\r\nmengembangkan sosiologi sehingga menjadi lebih bermakna dan mudah dipahami.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sosiologi materi\r\nnilai dan norma sosial dengan menggunakan media komik, mengetahui tahapan\r\npembuatan komik sosiologi. \r\nPenelitian ini menggunakan metode research and development yang\r\ndikembangkan Borg dan Gall dengan beberapa modifikasi. Pengumpulan data dalam\r\npenelitian ini menggunakan berbagai teknik, yaitu observasi, wawancara, dan studi\r\ndokumentasi sesuai dengan langkah-langkah kegiatan dalam penelitian. Untuk\r\nmendukung pengumpulan data, digunakan juga Focus Group Discussion (FGD) dan buku\r\ncatatan/ logbook. \r\nPengembangan komik dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu: 1) Tahap\r\npengumpulan data awal terkait proses pembelajaran sosiologi di SMA. Hasil observasi\r\ndan wawancara menunjukkan adanya kemandegan (stagnan) dalam proses\r\npembelajaran sosiologi di tingkat SMA. Beberapa materi dirasa sulit untuk dipahami dan\r\nmemiliki pemahaman ganda yang menyulitkan baik guru maupun siswa. Informasi lain\r\nmenunjukkan bahwa proses pembelajaran kurang memanfaatkan media pembelajaran\r\nyang ada. Proses selanjutnya adalah mengadakan Focus Group Discusion (FGD), dengan\r\nhasil: a) kompetensi yang dianggap sulit untuk kemudian dibuat komik, b) pokok\r\nbahasan Nilai dan Norma ditetapkan sebagai materi yang akan dibuat, c) komik dibuat\r\npertema yang dekat dengan realita kehidupan siswa sehari-hari. 2) Tahap pembuatan\r\nstoryboard. Berisi gambaran secara umum isi dari komik yang akan dibuat. Dalam\r\nstoryboard dimunculkan ilustrasi, latar belakang gambar, naskah cerita, dan situasi yang\r\ndiinginkan. Hasil dari storyboard memunculkan tiga cerita yang berkenaan dengan topik\r\nyang telah dipilih. 3) Tahap pembuatan sketsa. Proses ini meliputi dua tahapan, yaitu: a)\r\npembuatan sketsa kasar, dan b) review sketsa (ahli komik). 4) Tahap pembuatan\r\ngambar. Proses ini dilakukan dengan menebalkan gambar yang sudah jadi agar terlihat\r\nlebih jelas dan menambahkan detail yang kurang. 5) Tahap pemberian warna\r\n(pewarnaan). Meliputi dua tahapan yang harus dilakukan, yaitu digitalisasi dan\r\npewarnaan."^^ . "2013" . . . "Artikel Hibah Bersaing"^^ . . . . . . . . . . . . . . "Hendrastomo"^^ . "Grendi"^^ . "Hendrastomo Grendi"^^ . . "Handoko"^^ . "Aran"^^ . "Handoko Aran"^^ . . "Pratiwi"^^ . "Poerwanti Hadi"^^ . "Pratiwi Poerwanti Hadi"^^ . . "LPPM UNY"^^ . . . . . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Text)"^^ . . . "Artikel Komik sebagai Media Belajar Sosiologi.pdf"^^ . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22380 \n\nKOMIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR SOSIOLOGI\n\n" . "text/html" . . . "LPPM" . .