<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL"^^ . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL\r\nOleh :\r\nAhmad Thoriq Hidayatullah\r\nNIM.09520244076\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas XI yang semula belajar secara konvensional dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik STAD (Student Team Achievement Divisions). Mata pelajaran yang digunakan adalah TIK pada materi mengoperasikan software Spreadsheet bab Fungsi di SMA Negeri 2 Bantul.\r\nPenelitian ini mengambil tempat di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 219 siswa. Sampel penelitiannya berjumlah 42 siswa. Pada perlakuan kelas eksperimen pembelajaran kooperatif dilakukan dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) sedangkan untuk kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) pada materi mengoperasikan software Spreadsheet bab fungsi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dari pada pembelajaran secara konvensional, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 85,22 > nilai rata-rata kelas kontrol 74,8 yang menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan = -4,850 lebih kecil dari =2,021 Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional.\r\nKata Kunci : STAD, Formula, Hasil Belajar"^^ . "2015-07-02" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Thoriq Hidayatullah"^^ . "Ahmad"^^ . "Thoriq Hidayatullah Ahmad"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Text)"^^ . . . "Ahmad Thoriq Hidayatullah 09520244076.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL\r\nDI SMA NEGERI 2 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22353 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTEKNIK STAD (Student Team Achievement Divisions) PADA PEMBELAJARAN FORMULA EXCELL \nDI SMA NEGERI 2 BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .