eprintid: 22318
rev_number: 7
eprint_status: archive
userid: 1258
dir: disk0/00/02/23/18
datestamp: 2015-07-02 01:28:36
lastmod: 2015-07-02 01:28:36
status_changed: 2015-07-02 01:28:36
type: experiment
metadata_visibility: show
creators_name: Dwi, Rahdiyanta
creators_name: Putut, Hargiyarto
creators_name: Asnawi, Asnawi
corp_creators: LPPM UNY
title: Pengembangan Model Pembelajaran Praktik
Berbasis Collaborative Skill  di Perguruan Tinggi
ispublished: pub
subjects: subject_lppm
divisions: lppm
full_text_status: public
keywords: Model pembelajaran, Collaborative Skill.
note: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING
abstract: Penelitian ini direncanakan dilaksanakan selama dua tahun. Penelitian 
tahun pertama ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan seperangkat langkah dalam
pengembangan model pembelajaran praktik berbasis Collaborative Skill  di 
Perguruan Tinggi, 2) menghasilkan seperangkat kompetensi matakuliah praktik
pemesinan berbasis collaborative skill, 3) menghasilkan rumusan materi 
matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill, dan 4) mengetahui
kelayakan dari materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill
yang telah dirumuskan. 
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan “Penelitian
Pengembangan” (Research and Development). Tanpa mengurangi validitas
proses dan temuan dalam penelitian tahun pertama ini, Research and
Development yang dikembangkan Borg dan Gall, diadaptasi dan diadakan sedikit
modifikasi dalam tahapannya menjadi seperti berikut: 1) studi pendahuluan  dan
mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan, 2) penyusunan
draft  model yang akan dikembangkan termasuk mendefinisikan jenis kompetensi
yang akan dikembangkan, merumuskan tujuan, menentukan urutan kegiatan dan
membuat skala pengukuran, 3) mengembangkan prototipe awal untuk dijadikan
model, 4) melakukan validasi model konseptual kepada para ahli atau praktisi. 5)
merevisi model awal, berdasarkan rekomendasi hasil validasi. Lokasi untuk
kegiatan penelitian ini adalah industri manufaktur yang ada di wilayah
Yogyakarta, Surabaya dan Semarang serta Prodi D3 Teknik Mesin FT UNY.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dokumentasi
dan wawancara. Pada penelitian ini data dianalisis dengan cara kualitatif dan
kuantitatif dan  kemudian dipaparkan secara deskriptif. 
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah: 1) langkah yang
ditempuh dalam pengembangan Pembelajaran Praktik Berbasis Collaborative
Skill  di Perguruan Tinggi adalah studi pendahuluan, perumusan kompetensi,
pengembangan model konseptual, validasi model konseptual, dan revisi model
konseptual; 2) kompetensi yang akan dikembangkan dalam materi mata kuliah
praktik pemesinan berbasis collaborative skill  terdiri dari tiga kompetensi utama,
yaitu pekerjaan bubut komplek, pekerjaan sekrap komplek, dan pekerjaan freis
komplek; 3) rumusan materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative
skill yang telah dihasilkan adalah job praktik pemesinan pembuatan Ragum, yang 
terdiri dari komponen Rumah Ragum, Batang Pemutar, Batang Ulir, Rahang
Gerak, Rahang Tetap, Slider, dan Pengunci; 4) berdasarkan penilaian dari
validator dan uji coba terbatas, rumusan materi matakuliah praktik pemesinan
berbasis collaborative skill yang telah dihasilkan dalam kategori Sangat Baik dan 
layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
date: 2013
date_type: published
funders: BOPTN
citation:   Dwi, Rahdiyanta and Putut, Hargiyarto and Asnawi, Asnawi  (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Collaborative Skill di Perguruan Tinggi.  [Experiment/Research]     
document_url: http://eprints.uny.ac.id/22318/1/NASKAH%20LAPORAN%20AKHIR%20%28PENELITIAN%20TAHUN%20KE-%201%29.pdf