relation: http://eprints.uny.ac.id/22318/
title: Pengembangan Model Pembelajaran Praktik  Berbasis Collaborative Skill  di Perguruan Tinggi
creator: Dwi, Rahdiyanta
creator: Putut, Hargiyarto
creator: Asnawi, Asnawi
subject: LPPM
description: Penelitian ini direncanakan dilaksanakan selama dua tahun. Penelitian   tahun pertama ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan seperangkat langkah dalam  pengembangan model pembelajaran praktik berbasis Collaborative Skill  di   Perguruan Tinggi, 2) menghasilkan seperangkat kompetensi matakuliah praktik  pemesinan berbasis collaborative skill, 3) menghasilkan rumusan materi   matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill, dan 4) mengetahui  kelayakan dari materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative skill  yang telah dirumuskan.   Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan “Penelitian  Pengembangan” (Research and Development). Tanpa mengurangi validitas  proses dan temuan dalam penelitian tahun pertama ini, Research and  Development yang dikembangkan Borg dan Gall, diadaptasi dan diadakan sedikit  modifikasi dalam tahapannya menjadi seperti berikut: 1) studi pendahuluan  dan  mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan, 2) penyusunan  draft  model yang akan dikembangkan termasuk mendefinisikan jenis kompetensi  yang akan dikembangkan, merumuskan tujuan, menentukan urutan kegiatan dan  membuat skala pengukuran, 3) mengembangkan prototipe awal untuk dijadikan  model, 4) melakukan validasi model konseptual kepada para ahli atau praktisi. 5)  merevisi model awal, berdasarkan rekomendasi hasil validasi. Lokasi untuk  kegiatan penelitian ini adalah industri manufaktur yang ada di wilayah  Yogyakarta, Surabaya dan Semarang serta Prodi D3 Teknik Mesin FT UNY.  Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dokumentasi  dan wawancara. Pada penelitian ini data dianalisis dengan cara kualitatif dan  kuantitatif dan  kemudian dipaparkan secara deskriptif.   Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah: 1) langkah yang  ditempuh dalam pengembangan Pembelajaran Praktik Berbasis Collaborative  Skill  di Perguruan Tinggi adalah studi pendahuluan, perumusan kompetensi,  pengembangan model konseptual, validasi model konseptual, dan revisi model  konseptual; 2) kompetensi yang akan dikembangkan dalam materi mata kuliah  praktik pemesinan berbasis collaborative skill  terdiri dari tiga kompetensi utama,  yaitu pekerjaan bubut komplek, pekerjaan sekrap komplek, dan pekerjaan freis  komplek; 3) rumusan materi matakuliah praktik pemesinan berbasis collaborative  skill yang telah dihasilkan adalah job praktik pemesinan pembuatan Ragum, yang   terdiri dari komponen Rumah Ragum, Batang Pemutar, Batang Ulir, Rahang  Gerak, Rahang Tetap, Slider, dan Pengunci; 4) berdasarkan penilaian dari  validator dan uji coba terbatas, rumusan materi matakuliah praktik pemesinan  berbasis collaborative skill yang telah dihasilkan dalam kategori Sangat Baik dan   layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
date: 2013
type: Experiment/Research
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/22318/1/NASKAH%20LAPORAN%20AKHIR%20%28PENELITIAN%20TAHUN%20KE-%201%29.pdf
identifier:   Dwi, Rahdiyanta and Putut, Hargiyarto and Asnawi, Asnawi  (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Collaborative Skill di Perguruan Tinggi.  [Experiment/Research]