%A Gatty Ardyodyantoro %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar pada siswa setelah pembelajaran dengan memanfaatkan google earth. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa setelah pembelajaran dengan memanfaatkan google earth. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan media Google Earth, dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo dan SMA Pancasila Purworejo dengan jumlah keseluruhan 81 siswa. SMA Widya Kutoarjo sebagai kelas eksperimen dan SMA Pancasila sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatf dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Google Earth efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi. Hasil belajar dengan media Google Earth lebih tinggi daripada hasil belajar dengan ceramah. Rerata nilai hasil belajar dengan media Google Earth 83,397, sedangkan dengan ceramah 78,348. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan ketercapaian skor peningkatan 0.68 pada kelas eksperimen dan 0,58 pada kelas kontrol. Nilai p hasil belajar 0,01 < 0,05, maka Ha diterima dan H ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan media Google Earth dalam pembelajaran geografi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo. Kata kunci: Google Earth, pembelajaran geografi, hasil belajar %L UNY22305 %I Fakultas Ilmu Sosial %D 2014 %T PEMANFAATAN GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA WIDYA KUTOARJO