?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F22287%2F&rft.title=PENGEMBANGAN+BAHAN+AJAR+MATEMATIKA+DISKRET%0D%0ABERBASIS+REPRESENTASI+MULTIPEL%0D%0AUNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKEMAMPUAN+KOMUNIKASI+DAN+KONEKSI+MATEMATIS%0D%0AMAHASISWA+CALON+GURU+MATEMATIKA+SEKOLAH+MENENGAH&rft.creator=Djamilah+Bondan%2C+Widjajanti&rft.creator=Fitriana+Yuli%2C+Saptaningtyas&rft.creator=Dwi%2C+Lestari&rft.subject=LPPM&rft.description=Tujuan+jangka+panjang+dari+penelitian+pengembangan+ini+adalah+untuk%0D%0Amengembangkan+bahan+ajar+berbasis+representasi+multipel+untuk+perkuliahan+Matematika%0D%0ADiskret+yang+mampu+meningkatkan+kemampuan+komunikasi+dan+koneksi+matematis%0D%0Amahasiswa+calon+guru+matematika+sekolah+menengah.+Adapun+tujuan+khusus+penelitian+ini%0D%0Aadalah+menghasilkan+produk+berupa%3A+(1)+Bahan+ajar++Matematika+Diskret+berbasis%0D%0ARepresentasi+Multipel+yang+valid%2C+praktis%2C+dan+efektif+%3B+dan+(2)+Publikasi+ilmiah+tentang%0D%0Aefektifitas+bahan+ajar+Matematika+Diskret+berbasis+Representasi+Multipel+ditinjau+dari%0D%0Akemampuan+komunikasi+dan+koneksi+matematis+mahasiswa+calon+guru+matematika+sekolah%0D%0Amenengah.%0D%0ADalam+rangkaian+melakukan+penelitian+pengembangan+Bahan+Ajar+Matematika%0D%0ADiskret+berbasis+Representasi+Multipel+ini%2C+suatu+uji+coba+terbatas+telah+dilakukan+untuk%0D%0Amengetahui+efektivitas+Bahan+Ajar+tersebut+ditinjau+dari+kemampuan+komunikasi+dan%0D%0Akoneksi+matematis+mahasiswa+calon+guru+matematika.+Subyek+uji+coba+yang+digunakan%0D%0Apada+penelitian+ini+adalah+41+mahasiswa+Pendidikan+Matematika%2C+FMIPA+Universitas%0D%0ANegeri+Yogyakarta+yang+menempuh+perkuliahan+Matematika+Diskret+pada+semester%0D%0AFebruari-Juni+2013.+Instrumen+untuk+mengukur+kemampuan+komunikasi+dan+koneksi%0D%0Amatematis+berupa+soal+uraian%2C+masing-masing+terdiri+empat+soal+yang++dikembangkan+oleh%0D%0Atim+peneliti+dan+divalidasi+oleh+lima+orang+dosen+Jurdik+Matematika+FMIPA+UNY.+Ada%0D%0Atiga+indikator+untuk+mengukur+kemampuan+komunikasi+matematis+dan+4+indikator+untuk%0D%0Amengukur+kemampuan+koneksi+matematis.+Bahan+ajar+yang+dikembangkan+dapat%0D%0Adikatakan+efektif+ditinjau+dari+kemampuan+komunikasi+dan+koneksi+matematis+jika%0D%0Aminimal+ada+75%25+subyek+uji+coba+yang+memperoleh+skor+kemampuan+komunikasi+dan%0D%0Akoneksi+matematis+dalam+kategori+tinggi+atau+sangat+tinggi%2C+yaitu+memperoleh+skor+lebih%0D%0Adari+21+dari+skor+maksimal+36.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+ada+78%25+mahasiswa+(32+dari+41)+yang+memperoleh%0D%0Askor+kemampuan+komunikasi+matematis+lebih+dari+21%2C+dan+ada+83%25+mahasiswa+(34+dari%0D%0A41)+yang+memperoleh+skor+kemampuan+koneksi+matematis+lebih+dari+21.+Dengan+demikian%0D%0Adapat+disimpulkan+bahwa+dalam+uji+coba+terbatas+ini+bahan+ajar+yang+dikembangkan+oleh%0D%0Apeneliti+dapat+dikategorikan+efektif+ditinjau+dari+kemampuan+komunikasi+dan+koneksi%0D%0Amatematis.&rft.date=2013&rft.type=Experiment%2FResearch&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F22287%2F1%2FLAPORAN%2520HIBAH%2520BERSAING%2520DISKRET%25202013-Djamilah.pdf&rft.identifier=++Djamilah+Bondan%2C+Widjajanti+and+Fitriana+Yuli%2C+Saptaningtyas+and+Dwi%2C+Lestari++(2013)+PENGEMBANGAN+BAHAN+AJAR+MATEMATIKA+DISKRET+BERBASIS+REPRESENTASI+MULTIPEL+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+KOMUNIKASI+DAN+KONEKSI+MATEMATIS+MAHASISWA+CALON+GURU+MATEMATIKA+SEKOLAH+MENENGAH.++%5BExperiment%2FResearch%5D+++++