TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar geografi dengan pendekatan brain based learning dan mendapatkan bukti-bukti bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean. Subjek penelitian adalah siswa kelas XB yang berjumlah dua puluh delapan orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi atau pengamatan langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, paparan data serta penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya tersebut dilakukan dengan merekayasa lingkungan pembelajaran, yang meliputi; lingkungan psikologis, visual, warna, gambar, pengaturan tempat duduk, aroma dalam lingkungan serta suara. Pembelajaran disesuaikan dengan tahapan brain based learning, meliputi; pra-pemaparan, persiapan, akuisisi, elaborasi, inkubasi, verifikasi serta integrasi. Bukti-bukti peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan, memperhatikan penjelasan guru, menerima tugas yang diberikan, berdiskusi dengan teman, serta mencatat penjelasan guru. Selain itu, terjadi penurunan aktivitas negatif siswa selama proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan brain based learning dapat meningkatkan minat belajar geografi siswa kelas XB SMA Negeri 1 Godean, Yogyakarta. Kata kunci: brain based learning, minat belajar, geografi UR - http://library.fis.uny.ac.id Y1 - 2011/// ID - UNY22286 TI - IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - NUGROHO, TRIYANTO PUSPITO AV - restricted ER -