TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penataan waralminimarket di Kota Yogyakarta dan untuk mengetahui pengembangkebijakan terkait dengan tindakan Pemerintah Kota Yogyakarta dalapenataan waralaba minimarket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode purposiTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentdan observasi yang diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis induktif dengan tahapan berureduksi data, kategorisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari kebijakan PemerinKota Yogyakakarta dalam penataan waralaba minimarket adalah untukmelindungi para pedagang pasar tradisional, toko kelontong serta UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), adapaun tindakan yang dilakukan mengarahpada: 1) pembentukan Peraturan Daerah terkait dengan penataan waralminimarket, 2) pengembangan kebijakan penataan waralaba minimarketKota Yogyakarta yang disesuaikan dengan kondisi sosial, ekonomi lingkungan masyarakat Yogyakarta. Kata kunci: waralaba, minimarket Y1 - 2014/// PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Nadia, Ditasari AV - public TI - ARAH KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA DALAM PENATAAN USAHA WARALABA MINIMARKET M1 - skripsi ID - UNY22247 UR - http://eprints.uny.ac.id/22247/ ER -