relation: http://eprints.uny.ac.id/22234/
title: Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik  Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model  Pembelajaran Problem Solving
creator: Agus, Subekti
subject: Teknik Elektro
description: Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik  Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model  Pembelajaran Problem Solving  Oleh  Agus Subekti  08501241008  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode  problem solving dengan media pembelajaran berupa trainer mikrokontroler  dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas XI program keahlian Teknik  Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo pada mata pelajaran  Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar (PRPD).  Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan  dengan dua siklus masing – masing siklus tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan  terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.  Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk  mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrument pretest dan posttest  untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa dan lembar kegiatan praktek  untuk mengetahui peningkatan pada aspek psikomotorik siswa. Penelitian ini  menggunakan analisis data dengan mereduksi data, mendeskripsikan data dan  membuat kesimpulan berdasarkan data yang sudah didapat. Kriteria keberhasilan  kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing indikator adalah jumlah siswa  yang tuntas 80% dan prestasi belajar sesuai dengan KKM di sekolah yaitu 76.  Hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran  problem solving kompetensi siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat  dengan adanya peningkatan persentase semua penilaian aspek afektif siklus I  pada pertemuan pertama sebesar 51,14% meningkat pada pertemuan kedua  menjadi 63,46% dan pertemuan ketiga 72,50%. Persentase aspek afektif siklus  II pertemuan pertama dengan rata-rata 75,04% meningkat pada pertemuan  kedua 85,46% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 90,71%. Prestasi  aspek kognitif siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata KD 10.1  dan 10.2 pada pretest siklus I sebesar 6,23 meningkat pada posttest menjadi  7,83. Nilai rata-rata KD 10.3 dan 10.4 pada pretest siklus II dengan nilai 7,16  meningkat pada posttest dengan nilai 8,13. Nilai rata-rata aspek psikomotorik  siklus I KD 10.1 adalah 8,01 meningkat pada KD 10.2 dengan nilai 8,55. Nilai  rata-rata aspek psikomotorik siklus II KD 10.3 adalah 9,00 meningkat pada KD  10.4 dengan nilai 9,21. Hasil prestasi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik  siswa tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal.  Kata kunci : penelitian tindakan kelas, problem solving, trainer mikrokontroler,  kompetensi siswa.
date: 2015-07-01
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/22234/1/Agus%20Subekti%2008501241008.pdf
identifier:   Agus, Subekti  (2015) Peningkatan Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving.  S1 thesis, UNY.