%A Lisdiyanto Ervana %T PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul, (2) Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul, (3) Evaluasi hasil pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul. Subjek penelitian ini adalah semua guru bidang studi kelas XII dan kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul. Objek penelitian ini berupa pengelolaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul. Tempat penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Bantul. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran di SMA Negeri se Kecamatan Bantul dikategorikan sangat baik (92,62%). Adapun rinciannya SMA Negeri 1 Bantul dikategorikan sangat baik (96,38%), SMA Negeri 2 Bantul dikategorikan sangat baik (91,16%) dan SMA Negeri 3 Bantul dikategorikan sangat baik (90,4%). (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri se Kecamatan Bantul dikategorikan sangat baik (88,48%). Adapun rinciannya SMA Negeri 1 Bantul dikategorikan sangat baik (89,13%), SMA Negeri 2 Bantul dikategorikan sangat baik (88,59%) dan SMA Negeri 3 Bantul dikategorikan sangat baik (87,25%). (3) Evaluasi hasil pembelajaran di SMA Negeri se Kecamatan Bantul dikategorikan sangat baik (91,5%). Adapun rinciannya SMA Negeri 1 Bantul dikategorikan sangat baik (92,34%), SMA Negeri 2 Bantul dikategorikan sangat baik (91,2%), dan SMA Negeri 3 Bantul dikategorikan sangat baik (91,1%). %D 2015 %L UNY22222 %I Universitas Negeri Yogyakarta