%L UNY22195 %K pendidikan karakter, novel anak %A Meilia Cipta Alam %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud pendidikan karakter, novel anak yang paling dominan mencerminkan pendidikan karakter, cara penyampaian dan cara penyampaian yang paling dominan mencerminkan pendidikan karakter dalam serial novel anak “Kecil-Kecil Punya Karya”. Subjek penelitian ini adalah serial novel anak “Kecil-Kecil Punya Karya” yaitu: My Sweet Dream(2009), Aisha Goes to Space(2010), Rindu Purnama(2011), dan Menari di Pelangi(2009) karya Yunda yang diterbitkan oleh DAR! Mizan. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis semantis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 28 wujud pendidikan karakter dalam serial novel “Kecil-Kecil Punya Karya” yaitu inovatif, tekad/komitmen, inisiatif, peduli, kreatif, menghargai prestasi, baik sangka, bertaqwa, cerdik, cinta, kemurahan hati, bersahabat/komunikatif, kejujuran, kerja sama, empati, tahu berterima kasih, sabar, hemat, tanggap, cerdas, berwawasan jauh ke depan, tanggung jawab, pengampunan, sopan, rajin, tabah, bijaksana, dan gigih, (2) novel yang paling dominan mencerminkan pendidikan karakter, yaitu novel My Sweet Dream, (3) cara penyampaian yang digunakan oleh pengarang dalam serial novel anak “Kecil-Kecil Punya Karya” yaitu cara penyampaian secara langsung dan cara penyampaian secara tidak langsung, dan (4) cara penyampaian yang paling dominan mencerminkan pendidikan karakter yaitu cara penyampaian secara langsung. %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2012 %T PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL NOVEL ANAK “KECIL-KECIL PUNYA KARYA” KARYA YUNDA