<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa\r\ntunagrahita kategori sedang kelas VB di SLB N Pembina Yogyakarta sebagai\r\nimplikasi dari pemberian reward dan langkah guru dalam memberikan reward\r\nagar siswa terlibat aktif.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode\r\ndeskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru kelas VB dan dua siswa.\r\nAdapun objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa tunagrahita kategori\r\nsedang dan pemberian reward dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan\r\nteknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nAnalisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data,\r\ndisplay data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi\r\nteknik dan dengan ketekunan peneliti.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku keaktifan belajar yang\r\nnampak dalam diri siswa tunagrahita kategori sedang kelas VB SLB N Pembina\r\nYogyakarta ditandai dengan munculnya perilaku subyek pada aspek keberanian,\r\nberpartisipasi, usaha belajar, dan kemandirian saat pembelajaran. Keaktifan\r\nbelajar pada diri siswa tunagrahita kategori sedang masih memerlukan bantuan\r\nguru, pendampingan dan pemberian reward; (2) Langkah pemberian reward yang\r\ndilakukan oleh guru dari setiap pertemuan adalah sama. Diawali dengan\r\nmenyeleksi perilaku yang diinginkan, memilih kondisi situasi, menentukan\r\njumlah reward, mengatur jadwal pemberian reward (memberikan reward secara\r\nberselang), memberikan penjelasan tentang materi yang akan dibahas pada setiap\r\npertemuan dalam kegiatan pembelajaran, memotivasi siswa dengan memberikan\r\nhadiah (reward) ketika pembelajaran berlangsung, memberikan reward kepada\r\nsiswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru, memberikan reward kepada\r\nsiswa yang dapat mengikuti instruksi guru, memberikan reward kepada siswa\r\nyang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar, menggabungkan\r\npenggunaan penghargaan sosial bersama dengan jenis penghargaan lain\r\n(makanan dan simbol bintang), menunjukkan hasil karya siswa sebagai tanda\r\nreward, guru terkadang tidak menyimpulkan hasil belajar pada setiap pertemuan."^^ . "2015-06-25" . . . "FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . "PENDIDIKAN LUAR BIASA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . . . "Desti"^^ . "Ariany Putri"^^ . "Desti Ariany Putri"^^ . . . . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN\r\nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22165 \n\nKEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG \nKELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN \nREWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .