%0 Thesis %9 S1 %A Solichah, Umi %B PENDIDIKAN LUAR BIASA %D 2015 %F UNY:22162 %I FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/22162/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-BA’. Subjek penelitian, yaitu satu siswa autis yang masih kesulitan dalam mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada anak autis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan jawaban benar subjek dalam mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin. Adapun hasilnya, yaitu baseline-1 (A) menunjukkan data yang stabil dengan rentang 67,70%-78,96%, dan mean level 73,33. Fase intervensi (B), menunjukkan data yang stabil dengan rentang 82,5%- 97,5%, dan mean level 90. Selanjutnya, pada fase baseline-2 (A’) juga menunjukkan data yang stabil dengan rentang 89,17%-104,17%, dan mean level 96,67%. Oleh karena itu, mean level dari baseline-1 ke baseline-2 mengalami peningkatan, yaitu 73,33 menjadi 96,67, sehingga terjadi peningkatan sebesar 23,34, serta rendahnya persentase overlap, yaitu 0% pada kondisi baseline-1 dengan intervensi, dan 25% pada kondisi intervensi dengan baseline-2 Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada subjek autis yang berinisial PJC.