<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan\r\ndeskripsi melalui penggunaan teknik peta pikiran (mind mapping) pada anak\r\ntunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action\r\nresearch) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari\r\nempat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian\r\nini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.\r\nSubjek penelitian yaitu dua anak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I.\r\nPenelitian ini dilakukan selama satu bulan. Teknik pengumpulan data dilakukan\r\ndengan observasi, tes kemampuan menulis karangan deskripsi, dan dokumentasi.\r\nAnalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif\r\ndan kualitatif.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi\r\ndapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping) pada\r\nanak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I. Hal tersebut ditunjukkan\r\ndengan adanya peningkatan dalam hal proses pembelajaran yang lebih aktif dan\r\nmenyenangkan. Peningkatan dalam hal proses pembelajaran juga dapat dilihat\r\ndari hasil observasi terhadap aktivitas subyek yang lebih aktif dalam\r\npembelajaran. Subyek sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran\r\nmenulis karangan deskripsi. Subyek mampu mengajukan dan menjawab\r\npertanyaan yang diberikan oleh guru. Subyek mampu menulis karangan deskripsi\r\ndengan memperhatikan isi karangan, kalimat efektif, penggunaan huruf kapital,\r\nejaan, tanda baca dan kerapian. Peningkatan hasil tes kemampuan menulis\r\nkarangan deskripsi telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 65%.\r\nPeningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase pencapaian yang diperoleh pada\r\nkemampuan awal, siklus I, dan siklus II. Subjek AF pada kemampuan awal\r\npersentase pencapaian 35%, meningkat menjadi 58% pada siklus I, meningkat lagi\r\nmenjadi 82% pada siklus II. Subjek MF pada kemampuan awal persentase\r\npencapaian 46%, meningkat menjadi 75% pada siklus I, meningkat lagi menjadi\r\n91% pada siklus II."^^ . "2015-06-25" . . . "FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . "PENDIDIKAN LUAR BIASA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . . . "Rina"^^ . "Puspita Sari"^^ . "Rina Puspita Sari"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI\r\nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK\r\nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA\r\nMARSUDI PUTRA I (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22152 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI \nMELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK \nTUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA \nMARSUDI PUTRA I\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .