%0 Thesis %9 S1 %A Dian, Mustikawati %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:22151 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T UPAYA SEKOLAH MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/22151/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas guru di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek berupa unit kelembagaan yaitu sekolah. Penelitian dilakukan kepada seluruh sekolah SMA Negeri di Kabupaten Sleman, yakni sebanyak 17 sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas guru ada dua macam, yakni upaya yang diprogramkan sekolah dan upaya yang hanya mengikuti program pihak lain. (1) Upaya yang diprogramkan dan dilaksanakan sekolah berupa In House Training (IHT). In House Training (IHT) diikuti oleh 95,47% guru. Dengan kata lain masih ada guru yang tidak mengikuti sebesar 4,53%. (2) Upaya yang hanya mengikuti program pihak lain ada tiga macam yaitu (a) kegiatan berkala yakni Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) diikuti oleh 22% guru yang seluruhnya adalah PNS, (b) kegiatan insidental yakni pendidikan dan pelatihan (Diklat) diikuti oleh 30,8% guru yang seluruhnya adalah PNS, dan (c) kegiatan yang bersifat oportunistik yakni studi lanjut yang diikuti oleh 0,39% guru yang mulai mengikuti pada tahun 2009, akan tetapi pada tahun 2010 belum ada.