TY - THES TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REPLIKA BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR PADA SISWA TUNANETRA BUTA TOTAL KELAS 1 SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY22135 UR - http://eprints.uny.ac.id/22135/ Y1 - 2015/05/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media replika bangun datar terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar anak tunanetra di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah AB- A. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunanetra buta total kelas I SD. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep bangun datar dan panduan observasi yang digunakan selama fase intervensi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kemampuan pemahaman konsep bangun datar subjek mengalami perubahan berupa frekuensi ketepatan bertambah dan durasi waktu pengerjaan berkurang dalam mengerjakan tes pemahaman konsep bangun datar pada fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A?). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media replika bangun datar berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar. Pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar tersebut ditunjukkan dengan bertambahnya frekuensi ketepatan pada fase intervensi dan baseline-2 serta menurunnya durasi waktu pengerjaan yang didukung dengan presentase overlap yang rendah yaitu pada frekuensi ketepatan 0% dan durasi waktu pengerjaan 33,3%. PB - FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN A1 - Juwita Susanti, Dewi ER -