TY - THES ID - UNY22123 Y1 - 2011/11/17/ A1 - Mamengko, Rullyana Puspitaningrum PB - Fakultas Bahasa dan Seni TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis antara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Learning (2) efektivitas penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain random pretest posttest design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dengan jumlah 110 siswa. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Reliabilitas instrumen diujikan di kelas XI IPA 3 dengan jumlah 36 siswa dan dianalisis dengan menggunakan rumus interrater reliability dengan hasil koefisien reliabilitas 0,9651 untuk pretest dan koefisien reliabilitas 0,8883 untuk posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menghasilkan (1) nilai thitung > ttabel yaitu 7,548 > 1,993 dengan db 72 pada taraf signifikansi 5%, hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis antara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning dan yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Learning (2) perhitungan gain score, yaitu sebesar 0,472 (keefektifan sedang) yang berarti lebih efektif penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan Klaten daripada tanpa penerapan metode Quantum Learning. UR - http://eprints.uny.ac.id/22123/ ER -