eprintid: 22041 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1280 dir: disk0/00/02/20/41 datestamp: 2015-06-30 02:30:27 lastmod: 2019-01-30 00:22:38 status_changed: 2015-06-30 02:30:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Abdul, Wajid title: PENGEMBANGAN DIKTAT MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN ispublished: pub subjects: G8 divisions: ft_jurdik_mesin_pend_mesin full_text_status: public abstract: PENGEMBANGAN DIKTAT MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN ABSTRAK Oleh Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penyusunan diktat menggunakan alat ukur SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman, (2) mendeskripsikan kelayakan teoritis diktat menggunakan alat ukur SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan melalui tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap akhir. Tahap pendahuluan yang dilakukan meliputi: (1) pengukuran kebutuhan, (2) perencanaan, (3) analisis karakteristik siswa, (4) analisis kurikulum, dan (5) memilih dan menetapkan materi pokok yang dikembangkan. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah: (1) menyusun draft atau produk awal, (2) validasi ahli, (3) uji coba kelompok kecil. Tahap akhir yang dilakukan adalah ujicoba kelompok besar. Validasi ahli dilakukan kepada tiga dosen UNY dan dua guru SMK Muhammadiyah Prambanan untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi maupun media. Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 8 (delapan) siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan yang dipilih dengan memperhatikan tingkat kemampuan siswa (siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah). Uji coba kelompok besar dilakukan kepada 25 siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan untuk mengetahui kelayakan produk diktat yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian dengan acuan patokan (PAP). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) proses pengembangan diktat menggunakan alat ukur SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman, dilakukan melalui tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap akhir, (2) hasil pengembangan diktat menggunakan alat ukur berdasarkan ahli validasi menunjukkan skor rata-rata 4,1 dengan kategori baik, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata 4,20 dengan kategori baik, dan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan skor rata-rata 4,03 dengan kategori baik. Dengan demikian, produk diktat menggunakan alat ukur ini sudah layak untuk digunakan di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Kata kunci : Diktat, menggunakan alat ukur, SMK. Abdul Wajid NIM. 08503245010 date: 2015-06-30 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Abdul, Wajid (2015) PENGEMBANGAN DIKTAT MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/22041/1/Abdul%20Wajid%2008503245010.pdf