eprintid: 22035 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1212 dir: disk0/00/02/20/35 datestamp: 2015-07-01 00:43:16 lastmod: 2019-01-30 00:22:22 status_changed: 2015-07-01 00:43:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yanri Kusma, Wijaya corp_creators: Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc title: PENGARUH MEDIA FILM “NAGABONAR JADI 2” TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN ispublished: pub subjects: media_pend divisions: fis_pkn full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran PKn menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” dengan pembelajaran konvesional yang tidak menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan sebanyak 7 Kelas ( 191 siswa). Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest Eqiuvalent Group Design. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik random sampling. Dan ditetapkan kelas X1 sebagai kelas eksperiment, sedangkan kelas X sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data minat belajar menggunakan teknik angket, sedangkan pengumpulan data prestasi menggunakan teknik test prestasi belajar. Untuk menguji validitas instrument digunakan rumus product moment, sedangkan reabilitasnya diuji dengan rumus koefisien Alpha. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistik uji t. Hasil penelitian nenunjukkan bahwa penggunaan media film sangat efektif menumbuhkan minat siswa dalam belajar Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa nilai t hitung pada minat sebesar 86,913 dengan nilai taraf signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan minat yang signifikan antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Atau dengan kata lain ada pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil nilai t hitung pada prestasi belajar sebesar 7,667 dengan nilai taraf signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan prestasi yang siginifikan antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Atau dengan kata lain ada pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film “Nagabonar Jadi 2” terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : media film, nagabonar jadi 2, minat belajar PKn, prestasi belajar PKn 2 date: 2013 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: PKNH thesis_type: skripsi citation: Yanri Kusma, Wijaya (2013) PENGARUH MEDIA FILM “NAGABONAR JADI 2” TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/1/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/2/3.%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/3/4.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/4/5.%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/5/1.%20HALAMAN%20DEPAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/6/6.%20BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/7/7.%20BAB%20V_docx.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/22035/8/8.%20LAMPIRAN.pdf