TY - THES Y1 - 2015/// N2 - Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Pengalaman terhadap Profesionalisme Auditor Pemula, (2) pengaruh Pelatihan Profesional terhadap Profesionalisme Auditor Pemula, (3) pengaruh Tindakan Supervisi terhadap Profesionalisme Auditor Pemula dan (4) pengaruh Pengalaman, Pelatihan Profesional dan Tindakan Supervisi secara simultan terhadap Profesionalisme Auditor Pemula. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor Pemula yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Yogyakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh populasi Auditor Pemula. Uji coba instrumen menggunakan uji coba terpakai. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dinyatakan valid dengan r hitung > r tabel dan reliabel dengan nilai Cronbach Alpha >0,6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengalaman berpengaruh terhadap Profesionalisme Auditor Pemula yang ditunjukan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,714 dan r2(x1y) sebesar 0,509. Nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant yakni 0,000< 0,050. Persamaan regresinya Y= 15,477 + 1,008 X1. (2) Pelatihan Profesional berpengaruh terhadap Profesionalisme Auditor Pemula yang ditunjukan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,864 dan r2(x1y) sebesar 0,746. Nilai signifikansinya lebih kecil dari level of significant yakni 0,000< 0,050. Persamaan regresinya adalah Y= 2,643 + 1,666 X2. (3) Tindakan Supervisi berpengaruh terhadap Profesionalisme Auditor Pemula yang ditunjukan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,755 dan r2(x1y) sebesar 0,570. Nilai signifikansinya lebih kecil dari level of significant yakni 0,000 < 0,050. Persamaan regresinya Y = 16.765 + 1.118 X3 (4) Pengalaman, Pelatihan Profesional dan Tindakan Supervisi berpengaruh secara simultan terhadap Profesionalisme Auditor Pemula yang ditunjukan dengan nilai sebesar 0,874 dan Adjusted R Square sebesar 0,744. Nilai Fhitung lebih besar dari F tabel yakni 39,596 > 2,86. Nilai signifikansinya lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050). Persamaan regresinya Y = 1,687 + 0,153 X1 + 1,244 X2 + 0,256 X3. PB - Fakultas Ekonomi A1 - Binti Afifah, Binti M1 - skripsi ID - UNY22016 AV - public TI - PENGARUH PENGALAMAN, PELATIHAN PROFESIONAL DAN TINDAKAN SUPERVISI TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR PEMULA. (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta) UR - http://eprints.uny.ac.id/22016/ ER -