@phdthesis{UNY21995, year = {2010}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, title = {HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X dan XI IPS SMA N 1 MINGGIR SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010}, author = {Rita Handayani}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi siswa belajar geografi, (2) Mengetahui hubungan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi siswa belajar geografi, (3) Mengetahui hubungan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas X dan XI IPS SMA N 1 Minggir Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X dan XI IPS SMA N 1 Minggir Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 147 siswa kemudian diambil sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 44 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5\%. Data prestasi belajar yang diambil dua kali nilai ulangan harian semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar intrinsik siswa dengan prestasi belajar geografi dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,340{\ensuremath{>}}0,297). (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan variabel motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar geografi dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,375{\ensuremath{>}}0,297). (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar geografi, dimana F hitung sebesar 4,868, sedangkan F tabel 3,22 dengan N=44 pada taraf signifikansi 5\%. Jadi F hitung lebih besar dari pada F tabel (4,868{\ensuremath{>}}3,22), karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian. Jadi semakin tinggi motivasi belajar geografi siswa akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/21995/} }